AIDS? Hell No!!

Seperti yang kita ketahui bahwa, penyakit AIDS telah merajalela di seluruh dunia tanpa memandang umur, gender, ras, dll. Penyebab penyakit ini adalah Retrovirus yang menginfeksi sel sistem kekebalan tubuh manusia.

Nah, di tahun 1983, para peneliti dari Institut Pasteur Prancis, yang diketuai oleh Luc Montagnier, berhasil mengisolasi virus yang diduga menjadi penyebab AIDS. kemudian virus ini diberi nama HIV (Human Immunodeficiency Virus)
Gimana sih, caranya HIV merusak sistem kekebalan tubuh manusia???
HIV masuk ke dalam tubuh manusia, kemudian menginfeksi sel sistem kekebalan tubuhnya. terutama sel pelindung atau disebut sel T. Setelah tubuh terinfeksi HIV, virus yang di dalam tubuh akan sulit dihilangkan. Dalam beberapa bulan, beberapa tahun HIV akan terus menyerang sel pelindung. 




FYI, sel yang terinfeksi bersama dengan DNA HIV juga menyembuyikan diri di saat terjadi reproduksi AIDS. Masa inkubasi sekitar 10 tahun, dan pada sebagian penderita nggak tampak gejala awalnya, loh. Dan juga nih, AIDS itu nggak bakalan langsung menyebaban kematian lho!!. Tapi lambat laun HIV akan terus merusak sistem kekebalan tubuh. Sehingga penyakit biasa pun menjadi sangat berbahaya bagi pasien penderita AIDS.
Kira-kira lewat mana aja sih penularan HIV itu?
  • Berhubungan seks (cairan tubuh)
  • Transfusi darah
  • Penggunaan jarum bersama
  • ASI
Menyentuh pasien HIV/AIDS, Batuk dan bersin, Gigitan nyamuk, Berenang di kolam yang sama dengan pasien HIV/AIDS, Berjabat tangan, Makan atau berbagi makanan dengan pasien, dan Penggunaan toilet umum tidak menularkan HIV.
Bagaimana pencegahan penularan HIV AIDS?
  • Jangan melakukan hubungan seksual diluar nikah dan berganti pasangan seks
  • Abstrinensi (tidak melakukan hubungan seks)
  • Gunakan kondom, terutama untuk kelompok perilaku resiko tinggi jangan menjadi donor darah
  • Seorang ibu yang didiagnosa positif HIV sebaiknya jangan hamil.
  • Penggunaan jarum suntik sebaiknya sekali pakai
  • Jauhi narkoba.
Kita sebagai orang yang berpendidikan pasti sudah tahu sekilas tentang HIV AIDS. Akan tetapi, banyak dari kita yang mengabaikannyaSad smile.

Sering juga kita menjumpai, banyak dari pasien penderita AIDS yang dikucilkan. Karena tidak banyak dari mereka yang menganggap orang yang terkena AIDS adalah tipikal orang “Nakal”. Padalah belum tentu semuanya benar. So, yang harusnya kita lakuin tuh hindarin penyakitnya, bukan ngusir si yang kena ya!!

SAY NO TO AIDS











See you guys! xxx

Comments

Popular posts from this blog

Ibuku.....Pahlawanku.....

Lelaki bodoh

Warna Kenangan